Pengaruh Penggunaan Games Amplop Berhadiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 3 Rambatan

Arisandi, Rizki (2015) Pengaruh Penggunaan Games Amplop Berhadiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 3 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RISKI_ARISANDI_95971_577_2015.pdf] Text
B1_3_RISKI_ARISANDI_95971_577_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Observasi yang penulis lakukan pada proses pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan masih berorientasi pada guru tidak pada siswa. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran di kelas tanpa menggunakan media dan alat bantu. Ini menyebabkan siswa kurang aktif, hasil belajar rendah. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penggunaan games amplop berhadiah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan games amplop terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Rambatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik penentuan sampel adalah purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran tes. Analisis data menggunakan t-test setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan games amplop memiliki rata-rata nilai 81,75 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan media gambar yaitu 75,24. Dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung 2,4629 sedangkan t tabel 1,6849 dengan kata lain t hitung lebih besar dari t tabel (2,4629>1,6849). Berarti hipotesis awal H 0: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan games amplop terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan ditolak. Dan hipotesis satu H 1: Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan games amplop terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Games, Berhadiah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:59
Last Modified: 21 Apr 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item
View Item