Yunara, Yulia (2015) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Teknik Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMP Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULIA_YUNARA_1105372_4649_2015.pdf [thumbnail of B1_3_YULIA_YUNARA_1105372_4649_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULIA_YUNARA_1105372_4649_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 6 Padang, terlihat bahwa kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA Fisika, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Dalam proses pembelajaran guru mengajarkan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga membuat siswa menjadi bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VII Smp Negeri 6 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Padang yang berjumlah 124 orang terdiri dari 5 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol masing-masingnya berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 35 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen sebesar 79,7 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 70. Dari analisis uji - t diperoleh t hitung > t tabel = 4,31 > 1,67, dengan α 0,05. Maka disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri menggunakan teknik pictorial riddle dalam pembelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 6 Padang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP N 6 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:41 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6386 |