Nurjanah, Meta (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Metode Abaca-baca pada Anak Kesulitan Belajar X di Kelas 2 SD Negeri 01 Alang Lawas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_META_NURJANAH_17922_5820_2014.pdf [thumbnail of B1_2_META_NURJANAH_17922_5820_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_META_NURJANAH_17922_5820_2014.pdf
Download (969kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan membaca permulan dengan metode Abaca-baca pada anak kesulitan belajar X di SD Negeri 01 Alang Lawas. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan metode Abaca-baca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak kesulitan belajar kelas 2 di SD Negeri 01 Alang Lawas. Subjek penelitian adalah satu orang anak berkesulitan belajar yang duduk di kelas 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Design yaitu metode penelitian yang melihat arah kecenderungan grafik yang membandingkan antara kondisi baseline dengan kondisi treatment. Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung, data direkam melalui prosedur pencatatan kejadian (Event Recording) yaitu memberi tanda ceklist pada sejumlah kata yang dibaca benar pada lembaran kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, penggunaan metode Abaca-baca dapat meningkatkan kemampuan anak membaca permulaan secara signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam dan luar kondisi yaitu arah kecenderungannya meningkat, serta jejak datanya juga meningkat. Dan perolehan hasil overlap data mendapatkan hasil 10%. Pada kondisi baseline kemampuan anak membaca memperoleh 6 kata dengan benar. Setelah diberikan perlakuan dengan metode Abaca-baca terbukti kemampuan membaca permulaan anak meningkat yaitu 20 kata dibaca dengan benar. Disarankan pada guru untuk menerapkan pembelajaran dengan metode Abaca-baca untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, Metode abaca-baca, Anak kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:39 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6373 |