Maidelina, Ririn (2014) Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan di Kelas VII SMP N 6 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIRIN_MAIDELINA_95980_620_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RIRIN_MAIDELINA_95980_620_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIRIN_MAIDELINA_95980_620_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Kewarganegaraan, guru kurang menggunakan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa, sehingga pembelajaran menjadi monoton. Kelas terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan proses pembelajaran dengan pendekatan konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya model Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model Talking Stick dan pembelajaran konvensional di Kelas VII SMP N 6 Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 6 Lubuk Basung yang berjumlah 125 orang yang terdiri dari 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII i C dan VII D masing-masingnya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 76,083 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 66,75. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,321 dan t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel artinya hipotesis diterima . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran Kewarganegaraan kelas VII SMP N 6 Lubuk Basung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, Hasil Belajar, Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:39 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6372 |