Thaib, Ghina Ulfa (2020) Perbedaan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Tipe Card Sort. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_GHINA_ULFA_THAIB_16004106_2833_2020.pdf [thumbnail of B1_03_GHINA_ULFA_THAIB_16004106_2833_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_GHINA_ULFA_THAIB_16004106_2833_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan atas fenomena yang ditemui, model pembelajaran yang digunakan guru cenderung konvensional, membuat siswa tidak aktif dalam belajar. Saat pembelajaran berlangsung, siswa cenderung kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kurang memuaskan. Diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran aktif, diantaranya model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan tipe Card Sort. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Tipe Card Sort. Jenis penelitian ini adalah studi literatur (library research) dengan menggunakan pendekatan komparatif. Studi literatur yaitu penelitian yang dilakukan dengan menelaah sumber-sumber tertulis sedangkan analisis komparatif dilakukan dengan cara membandingkan antara teori satu dengan teori yang lain, dan hasil penelitian yang satu dengan penelitian yang lain. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal dan artikel penelitian yang terkait dengan model pembelajaran Index Card Match dan model pembelajaran Card Sort. Teknik pengumpulan data adalah dengan mengumpulkan sumber-sumber yang relevan mengenai nilai hasil belajar siswa yang mengikuti kedua model pembelajaran serta mendukung terhadap penelitian yang dikaji oleh peneliti dengan menggunakan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jurnal dan artikel penelitian terdahulu mengenai Perbandingan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Tipe Card Sort terhadap hasil belajar siswa, rata-rata hasil penelitiannya menunjukkan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih unggul dari pada tipe Card Sort. Walaupun demikian, dari semua data jurnal artikel yang telah dikemukakan pada pembahasan, model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan tipe Card Sort sama-sama meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan model pembelajaran aktif tipe Card Sort sama-sama efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar IPS, Index Card Match, Card Sort |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:38 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6359 |