Perancangan Media Promosi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) dalam Media Cetak (Printed Ad)

Ananta, Aryoni (2011) Perancangan Media Promosi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAKPA) dalam Media Cetak (Printed Ad). Bachelor/Tugas Akhir thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[thumbnail of B1_ARYONI_ANANTA_76225_749_2011.pdf] Text
B1_ARYONI_ANANTA_76225_749_2011.pdf

Download (14MB)

Abstract

SMAKPA merupakan satu-satunya SMK yang bergerak di bidang analis kimia di Propinsi Sumatera Barat, karena lembaga pendidikan yang bergerak di bidang keahlian yang sama cuma ada tiga di Indonesia, yaitu SMAK Padang, Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBO), dan Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar (SMAKMA). Dimulai pada tahun ajaran 2009/2010, SMAKPA sudah menuju Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Visi dan misi SMAKPA sekarang pun telah diperbaharui untuk menunjang programnya, yaitu Menjadi Sekolah Analis Kimia bertaraf internasional pada tahun 2012 dan menghasilkan lulusan unggul dan mandiri. SMAKPA memiliki potensi yang bagus dengan program RSBI yang dijalankan untuk perkembangan dunia pendidikan tetapi kurang promosi melalui media printed ad, di mana media promosi printed ad yang sudah ada kurang efektif dan variatif, dan kurang beragamnya penggunaan media promosi tersebut karena hanya sebatas pada billboard, booklet, spanduk, dan leaflet. Tujuan yang ingin dicapai adalah terciptanya rancangan media promosi sebagai sarana komunikasi dalam menginformasikan seluruh potensi dan aspek profesionalitas SMAKPA kepada target audience yang akan menunjang tercapainya visi dan misi sekolah. Sedangkan proses perancangan yang digunakan adalah Model prosedural bersifat deskriptif melalui proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, identifikasi dan rumusan masalah yang selanjutnya dianalisis menggunakan teori analisis SWOT (strenght/kekuatan, weakness/kelemahan, opportunity/peluang, threat/ancaman) dalam melakukan pendekatan kreatif untuk mencapai wilayah target audience agar promosi yang dilakukan tepat sasaran. selanjutnya membuat konsep strategi dan program kreatif dalam menghasilkan pemecahan masalah perancangan. Proses perancangan telah menghasilkan media utama berupa booklet profile, yaitu sebuah media printed ad yang terdiri dari beberapa halaman yang dijilid hingga menyerupai buku. Dapat memuat informasi lebih banyak di antaranya berupa history SMAKPA, visi dan misi, sarana dan fasilitas, struktur organisasi, prestasi, lokasi, dan berupa informasi-informasi penting lainnya mengenai SMAKPA. Di samping itu juga dirancang media pendukung untuk penunjang dari media utama seperti billboard, poster, business card, stationery set, x-banner, cd cover, dan pocket folder. Dengan menggunakan media promosi yang lebih bervariatif di dalam mengkomunikasikan berbagai informasi tentang SMAKPA dengan tujuan menjaring minat masyarakat dan berpromosi secara efektif diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaring minat masyarakat/target audience untuk memanfaatkan lembaga pendidikan SMAKPA sebagai pilihan sarana tempat untuk proses pendiddikan dalam menciptakan tenaga terampil, siap kerja, dan mampu bersaing secara global khususnya di bidang analisis kimia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Disain Komunikasi Visual-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:31
Last Modified: 03 Feb 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item
View Item