Fransiska, Ririn (2012) Teaching Cooperative Learning Three-step Interview Towards Speaking Ability of Grade X Senior high School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIRIN_FRANSISKA_04686_6468_2012.pdf [thumbnail of B1_3_RIRIN_FRANSISKA_04686_6468_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIRIN_FRANSISKA_04686_6468_2012.pdf
Download (960kB)
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara pengajaran recount teks menggunakan teknik Three-step Interview. Kemampuan siswa SMA dalam menceritakan recount teks masih sangat kurang disebabkan teknik pengajaran yang digunakan guru seringkali membuat siswa merasa bosan dan pengajaran cendrung terpusat kepada guru bukan siswa, sehingga siswa tidak mampu berbicara dalam bahasa inggris khususnya dalam menceritakan recount teks. Recount teks adalah suatu jenis teks yang menceritakan kjadian masa lalu, biasanya dalam bentuk pengamalan pribadi seseorang. Salah satu teknik pengajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami recount teks adalah three-step Interview. Langkah – langkah dalam pengajaran recount teks dengan teknik three-step Interview yaitu persiapan, sebelum-pengajaran, sewaktu pengajaran dan sesudah pengajaran. Pada persiapan, guru mempersiapkan materi recount teks, media ajar yang akan digunakan, dan rencana pengajaran. Pada sebelum– pengajaran, guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan murid dengan menanyakan pengalaman siswa. Pada sewaktu-pengajaran, guru memodelkan sebuah recount teks tentang pengalaman pribadi, membagi murid kedalam kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari empat orang siswa, memberikan format pertanyaan interview, melakukan interview dan menyuruh tiap siswa untuk menulis sebuah recount teks berdasarkan hasil interview. Pada sesudah-pengajaran, guru bersama siswa menyimpulakn pelajaran dan untuk menutup pembelajaran, guru memutarkan lagu atau video menarik yang berhubungan dengan topik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Three-Step Interview, Speaking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6349 |