Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri 17 Kerinci

Etmalia, Riri (2015) Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri 17 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIRIN_ETMALIA_1100335_4457_2015.pdf] Text
B1_3_RIRIN_ETMALIA_1100335_4457_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan tentang palaksanaan tugas guru di SMP Negeri 17 Kerinci belum seperti yang diharapkan, kemudian dalam melaksanakan tugasnya guru dituntut untuk bekerja secara profesional yang mana salah satu kemampuan yang harus dimilikinya yaitu kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat seberapa erat hubungan kompetensi pedagogik dengan pelaksanaan tugas guru di SMP Negeri 17 Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bersifat korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel satu dengan yang lainnya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh guru di SMP Negeri 17 Kerinci, laki-laki 23 orang dan perempuan 17 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 40 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 70 pernyataan yang terbagi menjadi dua variabel. Kemudian data diolah melalui teknik korelasional. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kompetensi pedagogik yaitu 130,05 dan Standar Deviasi (SD) 9,844 dan nilai rata-rata pelaksanaan tugas guru yaitu 160,075 dan Standar Deviasi (SD) 13,764. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik dengan Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri 17 Kerinci, ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu r hitung = 0,743 > r = 0,312 pada α = 0,05. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik dengan Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri 17 Kerinci.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagogik, Tugas Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:36
Last Modified: 21 Apr 2025 05:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item
View Item