Sari, Mery Delva (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan Melalui Media Magic White Board pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Wacana Asih Padang: Single Subject Research Kelas Dasar III/C1 di SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MERY_DELUA_SARI_87859_192_2012.pdf [thumbnail of B1_2_MERY_DELUA_SARI_87859_192_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MERY_DELUA_SARI_87859_192_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti laksanakan di sekolah, bahwa anak tunagrahita sedang x belum mampu menghubungkan titik titik menjadi garis. Dari hasil pengamatan, anak belum mampu menghubungkan titik-titik dengan benar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak dalam menghubungkan titik-titik menjadi garis melalui media magic white board. Penelitian ini menggunakan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR), dengan desain penelitiannya menggunakan desain A – B. Sebagai subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang x. Saat dilihat kondisi awal anak (baseline) yatu dengan meminta anak menghubungkan titik titik yang telah disiapkan oleh peneliti, setelah itu diberikan intervensi dengan menggunakan media magic white board. Target behaviornya bila anak dapat menghubungkan titik-titik menjadi garis Data dianalisis dengan menggunakan analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak tunagrahita sedang x menghubungkan titik-titik meningkat. Di mana pada phase baseline anak tidak dapat menghubungkan titik-titik dengan benar. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa anak masih tidak dapat mengarahkan pensilnya pada titik selanjutnya dan diartikan bahwa kemampuan anak masih 0%. Setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media magic white board terlihat bahwa anak sudah dapat mengarahkan pensilnya pada titik selanjutnya, sehingga anak sudah dapat menghubungkan titik-titik dengan benar yang meliputi: garis vertikal, horizontal, lengkung dan lingkaran yang mana artinya anak sudah mampu melakukan hingga 100%. Dengan demikian hipotesis dapat diterima bahwa media magic white board dapat diterapkan untuk meningkatkan koordinasi gerak mata dan tangan anak dalam hal menghubungkan titik-titik bagi anak tunagrahita sedang di SLB Wacana Asih Padang. Peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan media magic white board untuk meningkatkan kemampuan anak yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan, Media magic white board, Anak tungrahita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:36 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 00:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6346 |