Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMPN 2 Solok

Sari, Yulia Permata (2013) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMPN 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YULIA PERMATA SARI 04041_1185_2013.pdf] Text
B1_3_YULIA PERMATA SARI 04041_1185_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN2 Solok, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Hal ini terbukti dengan kurangnya minat siswa dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektifitas penerapan model pembelajan kooperatif Tipe Quiz Team terhadap hasil belajar TIK siswa di kelas VII SMPN2 Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Solok, pada tahun ajaran 2012/2013 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposif sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII.2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VII.3 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitinan ini menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes . Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan t-tes yang dimana sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Dari hasil penelitan rata-rata nilai dari pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team (82,56) lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team (76,89). Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TIK dengan materi pelajaran peranan dan keuntungan menggunakan TIK lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team di SMP Negeri 2 Solok pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Tipe Quiz Team
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:36
Last Modified: 21 Apr 2025 05:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6344

Actions (login required)

View Item
View Item