Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bernuansa ESQ (Emotional Spritual Quotient) Tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Mirza, Ghean Arzin (2018) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bernuansa ESQ (Emotional Spritual Quotient) Tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_GHEAN_AZIRIN_MIRZA_1205623_2820_2018.pdf] Text
B1_03_GHEAN_AZIRIN_MIRZA_1205623_2820_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk meningkatkan kualitas peserta didik baik dari aspek ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Selama ini pendidikan di sekolah berfokus pada pengembangan kecerdasan intelektual (IQ), yaitu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya tetapi belum banyak menyentuh kecerdasan emosional (EQ) dan spritual (SQ). Seharusnya ketiga potensi ini telah terintegrasi dalam pembelajaran biologi. Biologi masih dianggap sebagai pembelajaran yang bersifat hafalan artinya sulit untuk dipahami secara langsung, contohnya yaitu pada materi Sel. Salah satu cara mengintegrasikan ketiganya adalah melalui pengembangan bahan ajar berbentuk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Tujuan Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan (design resach) menggunakan tiga tahap dari empat model 4-D(four-D) yang terdiri tahap pendefisian (define) adalah dilakukan penetapan dan pendefenisian syarat-syarat pembelajaran dengan menganalisis Standar Kopetensi dan bahan materi pembelajaran berdasarkan standar isi Kurikulum Singkat Satuan Pendidikan (KTSP) perancaangan (design)a adalah untuk menyiapkan LKPD bernuansa ESQ berdasarkan Standar Kompetensi (SK), Kopetensi Dasar (KD), dan indikator sesuai dengan KTSP, pengembangan (develop) adalah tujuan dari tahap ini menghasilkan LKPD bernuansa ESQ yang sudah direvisi berdasarkan masukan validator dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) dan SMP N 22 Padang dan objek penelitian adalah LKPD bernuansa ESQ untuk siswa SMP/MTs . LKPD ini divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 2 orang guru Biologi SMP N 22 Padang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktilitas, dan analisis dengan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil produk berupa LKPD bernuansa ESQ pada materi Sel untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. Hasi uji validitas dengan nilai 81,37% oleh validator memenuhi kriteria valid, Hasil validitas dari segi kelayakan isi, kebahasaan dan peyajian dan kegrafikan. Hasil uji praktilitas dengan nilai 92,53% oleh guru dengan kriteria sangat praktis dari kemudahan penggunaan, efesiensi waktu dan maafat,sedangkan hasil uji praktilitas oleh siswa dengan nilai 82,65% kriteria praktis dari kemudahan, dan manfaat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, bernuansa ESQ, Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:35
Last Modified: 21 Apr 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

View Item
View Item