Tifali, Merisya (2014) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Paapn Alur Pada Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik (Single Subject Research kelas II di SLB Hikmah Reformasi Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MERISYA_GABRINA_TIFALI_15590_5578_2014.pdf [thumbnail of B1_2_MERISYA_GABRINA_TIFALI_15590_5578_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MERISYA_GABRINA_TIFALI_15590_5578_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Hikmah Reformasi Padang, seorang anak Cerebral Palsy Tipe Spastik kelas dasar II semester II dengan kekakuan yang dialami pada tangannya. Hal ini mengakibatkan perkembangan motorik halusnya terhambat sehingga anak mengalami kesulitan untuk mengoordinasikan gerakan tangan dan jari-jemarinya secara fleksibel. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan media Papan Alur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak Cerebral Plasy Tipe Spastik kelas II di SLB Hikmah ReformasiPadang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak Cerebral Plasy Tipe Spastik kelas II, yang mana anak disuruh menirukan bentuk garis berpola bebas, horizontal, vertikal dan lingkaran. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase berapa buah pola garis yang dapat ditulis anak dengan rapi, lurus serta sesuai pola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Papan Alur mampu meningkatkan kemampuan motorik halus dalam membuat garis berpola bagi anak Cerebral Palsy Tipe Spastik kelas II SLB Hikmah Reformasi Padang. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yaitu pertama, sesi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, persentase kemampuan motorik halus pada kondisi ini terletak pada rentang 20%, dan 25%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan media Papan Alur pengamatan dilakukan sebanyak dua belas kali, persentase kemampuan motorik halus pada kondisi ini terletak pada rentang 25% hingga 98%. Pada sesi ketiga, Baseline (A2) yang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan, presentase yang didapatkan pada kondisi ini terletak pada rentang 90% hingga 98%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Papan Alur mampu meningkatkan kemampuan mtoorik halus bagi anak Cerebral Palsy Tipe Spastik kelas II di SLB Hikmah Reformasi Padang. Disarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan media Papan Alur dalam melatih kemampuan motorik halus pada anak Cerebral Plasy Tipe Spastik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan motorik halus, Media papan alur, Ana Cerebral Palsy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6332 |