Melani, Melani (2012) The Effect of Using Reciprocal Teaching toward Students’ Reading Ability of Second Grade Students of SMA N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MELANI_83603_5039_2013.pdf [thumbnail of B1_3_MELANI_83603_5039_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MELANI_83603_5039_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Mengajarkan keterampilan membaca kepada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas bukan hanya mengartikan bahan bacaan ke dalam bahasa Indonesia kemudian menjawab pertanyaan tetapi membutuhkan teknik untuk membuat teks bacaan lebih mudah dimengerti dan dipahami peserta didik. Dalam pengambilan data, tahap awal yang dilakukan adalah melakukan uji coba pada tiga kelas yang dianggap memiliki nilai rata-rata kelas yang tidak jauh beda. Ini dilakukan untuk menentukan kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah try out, ditentukan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran, dua kelas ini akan diberikan model pengajaran yang berbeda dimana kelas XI IPA 6 diberikan model Reciprocal Teaching dan kelas XI IPA 5 diberikan metode dikusi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penggunaan strategi Reciprocal Teaching seperti yang telah diterapkan oleh Brown and Palincsar (1986) berpengaruh cukup besar terhadap kemampuan membaca siswa. Ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang signifikan yaitu 62,5 pada tes awal menjadi 69,4 pada tes akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Reciprocal Teaching dalam pengajaran keterampilan membaca pada siswa kelas XI SMA N 4 Padang memuaskan dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Reading Ability |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:34 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6325 |