Studi Komparatif Profesionalisme Guru Ditinjau dari Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Guru SMA Negeri di Kota Padang

Santy, Delila (2011) Studi Komparatif Profesionalisme Guru Ditinjau dari Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi Guru SMA Negeri di Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DELILA_SANTY_91259_5007_2012.pdf] Text
B1_1_DELILA_SANTY_91259_5007_2012.pdf

Download (87kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, terkesan bahwa profesionalisme guru
SMA Negeri Kota Padang masih rendah. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh
terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan, karena profesionalisme guru
merupakan salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan itu sendiri.
Oleh karena itu pemerintah telah melakukan berbagai upaya peningkatan
profesionalisme guru, antara lain melalui sertifikasi guru. Disamping itu perlu
adanya upaya internal dari guru dalam bentuk motivasi berprestasi yang akan ikut
meningkatkan profesionalismenya.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perbedaan profesionalisme
guru disebabkan perbedaan dalam aspek sertifikasi dan aspek motivasi berprestasi
guru SMA Negeri di Kota Padang. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini: 1)
terdapat perbedaan profesionalisme antara guru tersertifikasi dan guru yang belum
tersertifikasi. 2) Terdapat perbedaan profesionalisme yang disebabkan perbedaan
tingkat motivasi berprestasi guru. 3) Terdapat perbedaan profesionalisme guru
sebagai hasil interaksi antara aspek sertifikasi guru dan motivasi berprestasi guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
komparatif. Melalui penelitian ini akan diungkapkan perbedaan profesionalisme
guru karena sertifikasi guru dan perbedaan motivasi berprestasi guru. Populasi
penelitian ini adalah guru SMA Negeri Kota Padang, dengan sampel pupolasi
diambil dari 6 SMA Negeri, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 87 orang
guru. Instrumen penelitian yang dipakai menggunakan angket yang telah diuji
keandalan dan kesahihannya. Analisis data penelitian dilakukan dengan
menggunakan teknik statistik ANOVA Dua Jalur.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan profesionalisme
antara guru tersertifikasi dan guru yang belum tersertifikasi dimana profesionalisme
guru tersertifikasi lebih baik dari profesionalisme guru yang belum tersertifikasi. 2)
terdapat perbedaan profesionalisme guru yang disebabkan perbedaan tingkat
motivasi berprestasi guru (tinggi, sedang, rendah). Profesionalisme yang
ditunjukkan oleh guru yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari guru
yang memiliki motivasi berprestasi sedang. Profesionalisme guru bermotivasi
berprestasi tinggi lebih baik dari profesionalisme guru bermotivasi berprestasi
rendah. Profesionalisme guru antara guru bermotivasi berprestasi sedang dengan
guru bermotivasi berprestasi rendah juga berbeda secara sangat signifikan. 3) tidak
terdapat perbedaan profesionalisme guru sebagai hasil interaksi antara aspek
sertifikasi guru dan aspek motivasi berprestasi guru. Profesionalisme guru
tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi tidak dipengaruhi oleh perbedaan
motivasi berprestasi mereka secara bersama-sama. Masing-masing variabel memberi
pengaruh secara sendiri-sendiri terhadap variabel profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:32
Last Modified: 21 Apr 2025 05:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item
View Item