Weni, Merisa (2013) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Sederhana Melalui CAI Pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subjeck research di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MERISA_WENI_03953_471_2013.pdf [thumbnail of B1_2_MERISA_WENI_03953_471_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MERISA_WENI_03953_471_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan yaitu pada seorang anak tunagrahita ringan kelas III/C yang mengalami hambatan mengenal bangun datar sederhana. Dari hasil asesmen anak mengalami gangguan dalam kegiatan sekolah seperti : mengenal bangun datar seperti segitiga, segi empat, persegi, dan persegi panjang. Untuk itu peneliti berupaya membantu meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar anak melalui CAI. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa CAI dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan kelas III/C SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan alasan anak yang diteliti tunggal atau satu. langkah langkah penggunaan SSR ini dilakukan dalam kondisi yang berbeda menggunakan desain A-B. dimana kondisi A adalah baseline yakni kondisi awal kemampuan anak dalam mengenal bangun datar sebelum diberikan tindakan. Sedangkan kondisi B merupakan kondisi intervensi yakni kondisi dimana anak diberikan intervensi melalui CAI. Hasil penelitian ini, terlihat bahwa kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan kelas III/C SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang meningkat setelah diberikan layanan melalui CAI. Hal ini terbukti ketika pengamatan yang dilakukan dalam dua sesi yaitu pertama sesi baseline sebelum diberikan intervensi (A) yang dilakukan sebanyak lima kali pengamatan, dan persentase kemampuan mengenal bangun datar pada kondisi ini terletak pada rentang 0%,0%,0%,0% dan 0%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan CAI, pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan, dan persentase kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan pada kondisi ini terletak pada rentang, 18,75%.43,75%,50%,62,5%,75%,81,25%,81,25%,81,25%. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat dimaknai bahwa kemampuan mengenal bangun datar sederhana anak tunagrahita ringan kelas III/C SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang dapat meningkat melalui CAI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal kemampuan bangun datar, CAI, Anak tunagrahita ringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:32 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6313 |