Efektivitas Metode Struktual Analisis Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia

Zuhriyati, Zuhriyati (2022) Efektivitas Metode Struktual Analisis Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Zuhriyati_17003160_672_2022.pdf] Text
B1_2_Zuhriyati_17003160_672_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan dilatar belakangi ditemukannya tigaorang anak yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kemampuanmembaca yang baik dan benar berperan penting dalam membantu anak untukmempelajari banyak hal dan memudahkan untuk berpikir lebih kritis.Penelitian inidilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membacapermulaan anak disleksia melalui metode SAS di SDN 10 Rimbo Tangah.Jenis penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan subjek tunggal,dengan desain penelitian A-B yaitu Multiple Baseline Across Subject DesignSubjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang anak disleksia, dengankemampuan membaca permulaan (membaca kata benda) yang masih rendah. Datayang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui instrumen tes kemampuanmembaca yang diamati secara langsung oleh peneliti.Hasil analisis data dari kondisi Fase A dan Fase B peneliti gambarkandalam bentuk visual grafik. Hasil dari penelitian ini menujukkan jika metode SASefektiv untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca katabenda) untuk anak disleksia di SDN 10 Rimbo Tangah yang dilihat dari hasilanalisis data dalam kondisi dan antar kondisi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Disleksia, Metode SAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:31
Last Modified: 21 Apr 2025 05:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item
View Item