Sari, Geni Mulia (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_GENI_MULIA_SARI_1300253_1531_2018.pdf [thumbnail of B1_03_GENI_MULIA_SARI_1300253_1531_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_GENI_MULIA_SARI_1300253_1531_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP 1 Batusangkar, terlihat bahwa aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA masih rendah, dikarenakan guru hanya menggunakan strategi konvensional yang menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya aktivitas siswa berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi active learning tipe index card match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP 1 Batusangkar. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batusangkar dengan jumlah 214 siswa yang terbagi pada 7 kelas. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data hasil belajar diperoleh melalui tes sebanyak 20 butir soal objektif dengan 4 pilihan jawaban. Kemudian data dianalisis dengan uji-t yang sebelumnya di uji normalitas sampel menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 80.00 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 65.50. analisis uji-t diperoleh t-hitung > t-tabel = 4,915 > 1,995, dengan 0.05, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe index card match dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi konvensional. Maka dapat disimpulkan, penerapan strategi active learning tipe index card match berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batusangkar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning Tipe Index Card Match, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:31 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6307 |