Mairizal, Rio (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIO_MAIRIZAL_1200404_4772_2016.pdf [thumbnail of B1_3_RIO_MAIRIZAL_1200404_4772_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIO_MAIRIZAL_1200404_4772_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah fenomena yang ditemukan di lapangan yaitu di SMP Negeri 14 Padang , masih banyaknya siswa kelas IX yang memperoleh hasil nilai PKn yang rendah. Selain itu proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang memotivasi siswa sehingga mengakibatkan kurang aktifnya peran siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penerapan Metode Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IX SMP Negeri 14 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment,Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 14 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas IX.2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas IX.3 (kelas kontrol)jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Post-Test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar kemudian dilanjutkan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan Metode pembelajaran VCT yaitu 80,4 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran konvensional yaitu 71,1. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung >t tabel , yaitu 3,71> 1,6759 pada taraf signifikan α 0,05, maka i hitung >t tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang tinggi terhadap hasil belajar kelas yang menggunakan metode pembelajaran VCT dengan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dikelas IX pada pembelajaran PKn SMP Negeri 14 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:30 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6304 |