Putri, Merda Refani (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Konkret Bagi Anak Slow Learner (Classroom Action Research Kelas 1 di SLB Salsabilah Indah Ampang Kecamatan Kuranji Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MERDA_REFANI_PUTRI_1100262_4602_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MERDA_REFANI_PUTRI_1100262_4602_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MERDA_REFANI_PUTRI_1100262_4602_2016.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi anak di kelas 1 SLB Salsabilah Indah Ampang, dikelas tersebut terdapat dua orang anak slow learner dan satu orang guru. Ketika dilaksanakan pembelajaran tentang penjumlahan satu s/d 10 deret kesamping, anak belum bisa melakukan penjumlahan tersebut. Guru telah berusaha mengajar anak semaksimal mungkin, namun belum menunjukan kemampuan yang optimal. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba menggunakan media konkret berupa stik dan kotak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam penjumlahan satu s/d 10 deret kesamping. Penelitian ini perbaikan pembelajaran menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam meningkatakan kemampuan penjumlahan satu s/d 10 deret kesamping melalui media konkret berupa stik dan kotak dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dan siklus II dengan enam kali pertemuan. Masing-masing pertemuan dilakukan dengan siklus kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan satu s/d 10 deret kesamping melalui media konkret berupa stik dan kotak, pada tes awal nilai kemampuan FA (26%) dan MA (20%). Siklus I nilai kemampuan anak meningkat yakni: FA (66%) dan MA (73%). Sedangkan siklus II bertambah meningkat yakni FAmemperoleh (86%) dan MA (73%) dari 15 item soal yang diujikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret berupa stik dan kotak dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan satu s/d 10 bagi anak slow learner kelas 1 di SLB Salsabilah Indah Ampang Kecamatan Kuranji Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media konkret, Anak slow learner, Kemampuan penjumlahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6294 |