Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Edugames Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII dI SMP

Siska, Mega (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Edugames Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII dI SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MEGA_SISKA_1100422_192_2016.pdf] Text
B1_3_MEGA_SISKA_1100422_192_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang peneliti lakukan ditemukan masih kurangnya motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu disebabkan oleh belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan. Padahal salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran adalah media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer model Edugames pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan media. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research & Development (R&D) model 4-D. Validator terdiri dari 4 orang yakni 2 orang validator materi dan 2 orang validator media, sedangkan jumlah subjek penelitian adalah 20 orang siswa SMP N 13 Kota Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah format penilaian untuk melihat validasi dari aspek materi dan aspek media, dan angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kepraktisan bagi subjek coba. Data di analisis secara statistik deskriptif untuk mengetahui kualitas produk. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, hasil validasi materi diperoleh nilai “Sangat Baik” sehingga materi dinyatakan Valid untuk digunakan, hasil validasi media setelah melalui dua tahap validasi diperoleh nilai akhir “Sangat Baik”, sehingga media dikategorikan Valid untuk diuji cobakan. Sehingga dapat disimpulkan media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Edugames layak diuji cobakan. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba produk media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Edugames berada pada kategori “Sangat Praktis”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media pembelajaran berbasis komputer model Edugames ini layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edugames, Research & Development (R&D) model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:29
Last Modified: 21 Apr 2025 05:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item
View Item