S., Zil Fadli (2016) Korelasi antara Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA N 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ZILFADLI_S_17577_17577_3747_2016 .pdf [thumbnail of B1_2_ZILFADLI_S_17577_17577_3747_2016 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ZILFADLI_S_17577_17577_3747_2016 .pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang hasil belajarsejarahnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan kurangnyaperhatian orang tua terhadap anaknya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah terdapat korelasi antara perhatian orang tua dengan hasilbelajar sejarah siswa kelas X SMA N 1 Banuhampu.Penelitian ini digolongkan penelitian Ex Post Facto. Populasi dari penelitianini adalah siswa kelas X SMA N 1 Banuhampu yang berjumlah 204 orang. Teknikpenarikan sampel adalah random sampling dengan jumlah sampelnya sebanyak 51orang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (perhatian orangtua) dan variabel terikat (hasil belajar). Data perhatian orang tua dikumpulkandengan angket yang diisi oleh siswa. Data hasil belajar didapatkan dari guru matapelajaran Sejarah.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dananalisis inferensial yakni dengan uji normalitas dan uji korelasi product momentdengan menggunakan program Statistical Product and Services Solusion (SPSS).Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung 0,356 >r tabel 0,276. Hal ini berarti secara umum terdapat korelasi antara perhatian orangtua dan hasil belajar Sejarah siswa kelas X SMA N 1 Banuhampu. Selain itu,dari hasil uji hipotesis per indikator menunjukkan bahwa 3 (tiga) indikatorperhatian orang tua memiliki korelasi dengan hasil belajar sejarah siswa kelas Xdan 3 (tiga) indikator lainnya tidak berkorelasi dengan hasil belajar Sejarah siswakelas X. Indikator perhatian orang tua yang memiliki korelasi dengan hasil belajarSejarah terdiri dari memberikan pengarahan, peringatan dan melakukan kontrolatas aktivitas anak, memberi dukungan pada anak dan member penghargaanterhadap anak. Sedangkan tiga indikator perhatian orang tua yang tidakberkorelasi dengan hasil belajar adalah menemani dan mendampingi anak saatbelajar, menjadi teladan bagi anak dan memberikan perlakuan adil terhadapanaknya.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antaraperhatian orang tua dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA N 1Banuhampu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian orang tua, Hasil belajar, siswa SMA N 1 Banuhampu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6291 |