Suryani, Nidia (2015) Hubungan Self Esteem dengan Sikap Sosial Remaja serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NIDIA_SURYANI_1103685_5600_2015.pdf [thumbnail of B1_1_NIDIA_SURYANI_1103685_5600_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NIDIA_SURYANI_1103685_5600_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak ada self esteem dalam
diri. Salah satu dari ciri khas perkembangan remaja berkaitan dengan self esteem,
dan kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman
sebaya. Sikap sosial dengan teman sebaya pada diri remaja yang kurang percaya
diri dalam membina keakraban dengan lingkungan sekitanya, khususnya
lingkungan sekolah. Dari kurangnya self esteem dan percaya diri mengakibatkan
remaja menjadi malu berinteraksi dengan teman sebaya, tidak percaya diri untuk
tampil di depan umum, menarik diri dan pemalu. Untuk dapat membangkitkan
rasa percaya diri remaja membutuhkan self esteem yang baik untuk dapat
membina hubungan dengan teman sebaya dan dapat menciptakan sikap sosial
yang baik. Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self esteem (2)
deskripsikan sikap sosial (3) mengetahui hubungan self esteem dengan sikap
sosial (4) mengetahui implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Adabiah II kota Padang
Tahun ajaran 2012/2013 dengan populasi 248 dengan sampel sebanyak 186 orang.
yang dipilih dengan teknik random sampling.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) self esteem berada pada
kategori rendah, (2) sikap sosial berada pada kategori rendah, (3) hubungan self
esteem dan sikap sosial dari hasil penelitian, dimana r hitung ≥ r tabel maka Ha
diterima atau variabel bebas memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel
terikat yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dengan
sikap sosial, (4) implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling dapat
dilihat dalam layanan konseling yang diberikan yaitu layanan informasi, dan
layanan bimbingan kelompok bagi para siswa yang dilakukan secara per kelas.
Dan implikasinya di jadikan masukan bagi para guru BK untuk membuat program
yang dapat meningkatkan self esteem siswa dan memperbaiki sikap sosial siswa
upaya lebih baik lagi
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:28 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6286 |