Santika, Rini (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Membuat Mind Map Sebelum Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Aur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RINI_SANTIKA_54892_3089_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RINI_SANTIKA_54892_3089_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RINI_SANTIKA_54892_3089_2014.pdf
Download (11MB)
Abstract
Masalah yang terdapat di SMAN 1 Sungai Aur adalah kompetensi belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan metode pembelajaran yang diterapkan guru masih didominasi metode ceramah dan metode diskusi yang belum terstruktur. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan pemberian tugas rumah membuat mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah membuat mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap kompetensi belajar siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan The Static Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Aur. Pengambilan sampel menggunakan teknik Saturation Sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas ekserimen dan kelas XI IPA 1 sebagi kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes akhir untuk ranah kognitif, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, lembar observasi untuk ranah psikomotor. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t pada ketiga ranah penilaian, diperoleh t hitung > t tabel yaitu pada ranah kognitif diperoleh t hitung 1,92 > t tabel 1,67, pada ranah afektif diperoleh t hitung 2,05 > t tabel 1,67, dan pada ranah psikomotor diperoleh t hitung 2,18 > t tabel 1,67. Perbedaan kompetensi belajar tersebut dipengaruhi oleh pemberian tugas rumah membuat mind map pada kelas eksperimen. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas rumah membuat mind map sebelum pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Aur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Thingking Aloud, Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:21 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6263 |