Implementasi Kompetensi PEDAGOGIK Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKN di SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Medrican, Medrican (2014) Implementasi Kompetensi PEDAGOGIK Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKN di SMA N 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MEDRICAN_97256_125_2014.pdf] Text
B1_3_MEDRICAN_97256_125_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengacu pada UU No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka guru wajib menguasai empat kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Sebagai seorang guru yang telah disertifikasi seharusnya mampu menerapkan kompetensi pedagogik. Namun dalam pembelajaran masih terdapat sebagian guru belum menerapkan kompetensi pedagogik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik, mengidentifikasi kendala yang ditemui dalam mengimpelementasikan kompetensi pedagogik dan mengidentifikasi usaha apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Data kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa guru sudah memahami konsep kompetensi pedagogik. Namun keadaan dilapangan menunjukkan, bahwa sebagian guru masih kurang menerapkan kompetensi pedagogik dengan baik pada indikator pemahaman terhadap peserta didik dan pengembangan potensi peserta didik. Kendala yang dihadapi guru dari faktor internal, yaitu guru memiliki waktu yang tidak cukup dalam pelaksanaan pembelajaran, kondisi kesehatan yang tidak fit, kurang mengikuti berbagai pelatihan dan kesiapan mengajar guru yang belum matang. Faktor eksternal, yaitu berasal dari sekolah untuk memfasilitasi guru dalam mengajar. Guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik telah mengikuti berbagai pelatihan, seminar, MGMP dan kegiatan lainnya. Dari pihak sekolah sudah berupaya memenuhi kebutuhan guru dalam kegiatan pembelajaran. Dilihat dari hasil temuan, maka dalam implementasi kompetensi pedagogik guru PKn di SMA N 1 Kinali belum terlaksana dengan baik. Kendala yang ada berasal dari guru dan juga sekolah dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:21
Last Modified: 21 Apr 2025 05:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6260

Actions (login required)

View Item
View Item