Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Kota Solok

Fadilla, Medina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MEDINA_FADILLA_1305686_3784_2019.pdf] Text
B1_3_MEDINA_FADILLA_1305686_3784_2019.pdf

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 1 Kota Solok yaitu model pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi, proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VII di SMPN 1 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Kota Solok yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VII g i sebagai kelas eksperimen dan kelas VII f sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap. Teknis analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hipotesis diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t hitung 4,53 > t tabel 1,67, dan pada kompetensi sikap nilai t hitung 2,18 > t tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh meningkatkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap peserta didik kelas VII SMPN 1 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Kompetensi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:19
Last Modified: 21 Apr 2025 05:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item
View Item