Trissa, Mayang Aprillia (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MAYANG_APRILIA_TRISSA_ 18031015_6705_2022.pdf [thumbnail of B1_3_MAYANG_APRILIA_TRISSA_ 18031015_6705_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MAYANG_APRILIA_TRISSA_ 18031015_6705_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran abad ke-21 mengakibatkan terjadinya beberapa pergeseran dalam proses pembelajaran, yaitu proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di ruang kelas, sekarang dapat dilaksanakan kapan dan dimana saja dan media pembelajaran yang biasanya disajikan di atas kertas, sekarang dapat disajikan secara online. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mampu berinovasi dalam membuat dan menciptakan berbagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, media pembelajaran yang digunakan belum efektif dan belum mampu mewadahi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik elektronik (e-LKPD) dengan pendekatan saintifik pada materi sistem koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA merupakan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran dan membantu peserta didik lebih memahami materi pembelajaran khususnya materi sistem koordinasi. Pengembangan e-LKPD ini menggunakan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: define, design, dan develop. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen biologi Universitas Negeri Padang, satu orang guru biologi SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat, dan 31 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas e-LKPD dengan pendekatan saintifik adalah 90,3% dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil uji praktikalitas adalah 91,4% dengan kriteria sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan eLKPD dengan pendekatan saintifik pada materi sistem koordinasi untuk peserta didik kelas XI SMA yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik, Pendekatan Saintifik, Sistem Koordinasi, 4-D Models, Liveworksheets |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:18 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6241 |