Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Berbelanja Online dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi

Mitra, Nelvi (2019) Perilaku Konsumtif Mahasiswa dalam Berbelanja Online dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NELVI_MITRA_16151032_4851_2019.pdf] Text
B1_1_NELVI_MITRA_16151032_4851_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya mahasiswa berbelanja di online shop menjadi salah satu latar
belakang masalah dalam penelitian ini. Umumnya mahasiswa melakukan belanja
online bukan didasarkan pada kebutuhan, tetapi karena kesenangan dan gaya
hidup sehingga menyebabkan mahasiswa menjadi boros atau lebih dikenal dengan
istilah perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana
pola perilaku konsumtif mahasiswa dalam berbelanja di online shop, dan untuk
mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa menjadi konsumtif
dengan adanya online shop.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengkaji
serta mendeskripsikan fenomena perilaku konsumtif dalam berbelanja online
dengan melibatkan 5 subjek penelitian serta 8 informan penelitian dalam lingkup
mahasiswa FIP UNP dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan
observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Subjek penelitiannya adalah Jn, Iq, Els, Sl, dan Lz.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pola perilaku konsumtif
mahasiswa di FIP UNP adalah berbelanja di online shop bukan berdasarkan
kebutuhan tetapi berdasarkan keinginan yang ditandai dengan menggunakan uang
keperluan kuliah, sewa kos, serta keperluan pokok untuk berbelanja barang yang
diinginkan di online shop. Kemudian mudah terpengaruh dengan ajakan teman,
membeli barang-barang yang sedang trend dan mudah tertarik dengan barang
yang sedang diskon atau promosi. Hasil penelitian juga memperlihatkan ada 8
faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam berbelanja di online shop yaitu
pengaruh keluarga, pengaruh teman, dan gaya hidup, harga barang yang lebih
murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional, kenyamanan yang
diberikan online shop seperti hemat waktu dan tenaga, kepercayaan yang
diberikan online shop dengan memberikan kualitas barang sesuai dengan
deskripsi barang, ketersediaan barang yang lengkap dan bervariasi, dan promosi
online shop yang menarik perhatian mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Online Shop, Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:15
Last Modified: 21 Apr 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item
View Item