Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP

Purwanti, Maya (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MAYA_PURWANTI_17031022_2010_2021.pdf] Text
B1_3_MAYA_PURWANTI_17031022_2010_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 berbasis pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik tidak mampu bertanya, akibatnya pembelajaran difokuskan pada guru. Materi Struktur dan fungsi tumbuhan sulit dipahami oleh peserta didik karena materinya yang kompleks, bersifat hafalan, dan tidak ada praktikum. Peserta didik juga belum memiliki LKPD berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan. Berdasarkan masalah-masalah yang peneliti temukan, peneliti melakukan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tahapan model 4-D. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan pada model 4-D, yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang guru IPA SMPN 02 Batang Gasan dan 30 peserta didik kelas VIII SMP. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik tentang materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP. Data penelitian berupa data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas. Hasil validasi diperoleh rata-rata 93,56% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh rata-rata 90,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 87.42% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII SMP sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Lembar Kerja Peserta Didik, Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Model 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:15
Last Modified: 21 Apr 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item
View Item