Nelfia, Maya (2014) Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Aplikasi Animasi Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MAYA_NELFIA _95988_1617_2014.pdf [thumbnail of B1_3_MAYA_NELFIA _95988_1617_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MAYA_NELFIA _95988_1617_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa khususnya pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam penyampaian materi, guru cenderung lebih suka menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif, sebagian siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam belajar, bahkan ada yang tidak aktif sama sekali. Penggunaan media yang masih kurang menarik minat siswa untuk belajar juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tidak termotivasinya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu mengakibatkan siswa merasa jenuh dengan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan aplikasi animasi dengan flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA PGRI 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPS 1(kelas eksperimen) dan siswa kelas XI IPS 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar, kemudian dilanjutkan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan aplikasi animasi dengan flash yaitu 85,4 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran menggunakan slide power point yaitu 79,5. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 4,53 dan t 2,021 pada taraf signifikan α 0,05, maka t hitung > t tabel i tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas yang menggunakan aplikasi animasi dengan flash dengan hasil belajar kelas yang menggunakan slide power point. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi animasi dengan flash berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMA PGRI 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Aplikasi Animasi Flash, TIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:14 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6232 |