Syafitri, Fiza (2021) Pengembangan E-Modul pada Mata Kuliah Pedagogi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FIZA_SYAFITRI_17004084_86_2022.pdf [thumbnail of B1_03_FIZA_SYAFITRI_17004084_86_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FIZA_SYAFITRI_17004084_86_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pengembangan e-modul Pedagogi ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber belajar pada mata kuliah Pedagogi dan buku sumber yang digunakan masih dalam bentuk buku cetak, sehingga mahasiswa kesulitan dalam mendapatkan materi perkuliahan. Penggunaan bahan ajar cetak yang masih bersifat informatif mengurangi daya tarik mahasiswa untuk belajar, serta belum adanya bahan ajar berbentuk e-modul pada mata kuliah Pedagogi. Jadi pengembangan ini bertujuan untuk menyediakan sumber belajar berbasis teknologi yang dapat digunakan mahasiswa sebagai bahan belajar yang sesuai dengan kelayakan materi dan media. Sehingga dapat membantu mahasiswa memperoleh materi perkuliahan yang sesuai dengan silabus agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Four-D) yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Dissminate). Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, analisis mahasiswa, analisis konsep. Pada tahap desain dilakukan perancangan e-modul. Tahap develop dilakukan uji validitas oleh tiga orang validator, yaitu 1 ahli materi dan dua ahli madia, kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh mahasiswa pada mata kuliah Pedagogi di Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Tahap terakhir yaitu Dissminate berupa link e-modul. Hasil uji validitas media berapa pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase sebesar 98.85%, hasil validitas materi berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase sebesar 97%, sehingga produk e-modul Pedagogi dapat diujicobakan. Selanjutnya hasil uji praktikalitas produk berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan persentase sebesar 90,04%, sehingga produk e-modul pada mata kuliah Pedagogi “Layak” digunakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pedagogi sebagai salah satu sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-modul, pedagogi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:12 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6220 |