Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN 11 Air Kalam.

Herawani, Nelli (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN 11 Air Kalam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NELLI_HERAWANI_17124106_4026_2019.pdf] Text
B1_1_NELLI_HERAWANI_17124106_4026_2019.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terjadi
karena guru mengajar hanya berpedoman ke buku guru dan buku siswa, belum
melaksanakan pembelajaran tematik terpadu yang sesuai dengan karakteristik
pembelajaran tematik, tidak menggunakan media pelajaran yang menarik, masih menjadi
pusat perhatian selama proses pembelajaran, kurang memberi kesempatan kepada siswa
untuk mengkontruksi sendiri pengetahuannya. Peneliti perlu memecahkan masalah ini
melalui penerapan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di
kelas IV SDN 11 Air Kalam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas,
subjeknya seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian berupa
data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa
dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan. Pada Siklus I aktivitas siswa memperoleh
rata-rata 78,5% dengan kriteria baik dan aktivitas siswa meningkat pada siklus II rata-rata
menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. 2) Analisis hasil belajar siswa menunjukkan
terjadinya peningkatan. Persentase ketuntasan belajar siswa, pada pra siklus siswa yang
tuntas berjumlah 3 siswa atau 15% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 17 siswa atau
85%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16
siswa atau 80% dan siswa yang belum tuntas 4 siswa atau 20%. Dan dilihat dari hasil
belajar siswa pada siklus II telah mencapai rata-rata ketuntasan 80% maka proses
pembelajaran sudah dikategorikan tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa meningkat sebesar 65% dari pra siklus hingga siklus II.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:59
Last Modified: 21 Apr 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6217

Actions (login required)

View Item
View Item