Sriwahyu, Deni (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op dan Motivasi terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMPN 22 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DENI_SRIWAHYU_1303904_3620_2016.pdf [thumbnail of B1_1_DENI_SRIWAHYU_1303904_3620_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DENI_SRIWAHYU_1303904_3620_2016.pdf
Download (820kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar TIK, yang disebabkan
pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh guru, siswa kurang
termotivasi dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Guru
belum mampu mendorong siswa untuk mengembangkan bakat dan kecakapan
individu siswa, serta siswa belum mampu merumuskan hipotesis sendiri. Karena
pembelajaran belum optimal maka perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar
TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model
pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMPN 22 Padang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Padang tahun ajaran 2015/2016.
Sampel penelitian ini dipilih secara Purposive Sampling, yaitu kelas VIII8 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui
tes motivasi belajar dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan: (1) hasil
belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe
Co-Op Co-Op lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional; (2) tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar TIK siswa kelas
VIII SMPN 22 Padang; (3) hasil belajar TIK siswa yang memiliki motivasi tinggi
dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op lebih tinggi
dari hasil belajar TIK siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan model
pembelajaran konvensional; (4) hasil belajar siswa TIK yang memiliki motivasi
rendah dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op
lebih tinggi dari hasil belajar TIK siswa yang memiliki motivasi rendah dengan
model pembelajaran konvensional. Artinya, model pembelajaran Cooperative
Learning tipe Co-Op Co-Op dapat diterima untuk semua kalangan siswa baik
dengan motivasi belajar tinggi maupun rendah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:53 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6209 |