Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Komik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD

Sihaloho, Mateus Antoni (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Komik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MATEUS_ANTONI_ SIHALOHO _1100353_6594_2016.pdf] Text
B1_3_MATEUS_ANTONI_ SIHALOHO _1100353_6594_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalah dalam proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan gambar kartun selain dapat membantu siswa dalam memahami pesan pada materi pembelajaran yang disampaikan dan mampu menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik sebagai media pembelajaran alternatif yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V di SD Negeri 13 Solok. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Produk dikembangkan melalui 5 tahap yaitu: (1) Perencanaan (2) Pengembangan Produk Awal (3)Validasi Produk (4) Uji Coba dan (5) Produk. Alat pengumpul data adalah angket. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Model penelitian pengembangan adalah model prosedural dengan subjek penelitian 4 orang responden, yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan dua orang validator ahli materi yakni 2 orang dosen UNP, dan 2 orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V di SD Negeri 13 Kota Solok. Sampel penelitian adalah siswa kelas Vdi SD Negeri 13 Solok pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh sebesar 83,4% dan untuk aspek media berada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh sebesar 89,2%. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan 2 tahap uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh sebesar 90,81%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk media gambar kartun yang dikembangkan secara keseluruhan berada pada kategori “Sangat Baik” dengan persentase 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran menggunakan komik ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:53
Last Modified: 21 Apr 2025 02:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item
View Item