Teaching Writing a Narrative Text to Junior High School Students by Using Probable Passage Strategy.

Marulafau, Masvani (2013) Teaching Writing a Narrative Text to Junior High School Students by Using Probable Passage Strategy. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MASVANI_MARULAFAU_04700_3230_2013.pdf] Text
B1_3_MASVANI_MARULAFAU_04700_3230_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menulis sebuah teks, siswa SMP atau setara mendapat kendala dalam hal kosa kata, tata bahasa, ide, dan dalam strukstur. Sedangkan guru juga mendapat kendala dalam menemukan metode atau strategi yang bisa digunakan untuk mengajarkan cara menulis yang benar. Salah satu bentuk teks yang harus dikuasai oleh siswa SMP dan setara adalah teks naratif. Makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan cara pengajaran writing narrative text dengan menggunakan probable passage strategy. Strategi probable passage merupakan cara yang komunikatif dalam pengajaran writing. Seorang guru membimbing siswa untuk memulai menulis teks naratif dengan memperkenalkan beberapa kosa kata inti yang terdiri dari kata kerja, kata sifat, tokoh, latar, masalah, penyelesaian masalah, dan akhir cerita. Guru menjelaskan setiap kata kunci yang diberikan, baik itu arti kata maupun penggunaannya dalam kalimat. Guru juga perlu mengelompokkan beberapa kata yang bisa digunakan dalam satu kalimat, seperti yang ada dalam teks naratif sebenarnya. Berdasarkan kata kunci tesebut, siswa mencoba menulis sebuah teks naratif berdasarkan apa yang mereka pahami dari kata kunci yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan strategi probable passage, siswa akan lebih mudah untuk menulis sebuah teks naratif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching, Narrative Text, Using Probable Passage Strategy
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:51
Last Modified: 21 Apr 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item
View Item