Nazar, Nazar (2012) Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Beranimasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 3 XIII Koto Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NAZAR_20215_259_2013.pdf [thumbnail of B1_1_NAZAR_20215_259_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NAZAR_20215_259_2013.pdf
Download (110kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran dalam
proses pembelajaran di Kelas VIII SMPN 3 XIII Koto Kampar yang masih kurang
baik, sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint beranimasi dan
pengetahuan awal terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas VIII
SMPN 3 XIII Koto Kampar.
Desain penelitian yang digunakan adalah factorial design. Jumlah sampel 48
orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang terdiri dari tes
pengetahuan awal dan tes akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
pengaruh penggunaan media powerpoint beranimasi dan media gambar sederhana
terhadap hasil belajar siswa melalui tiga rumusan masalah: (1) Apakah hasil belajar
siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint
beranimasi lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran gambar
sederhana, (2) Apakah hasil belajar siswa yang berpengetahuan awal tinggi yang
diajar dengan menggunakan media powerpoint beranimasi lebih tinggi daripada
siswa yang diajarkan dengan media gambar sederhana. (3) Apakah terdapat
interaksi antara penggunaan media powerpoint beranimasi dan pengetahuan awal
terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian
faktoral 2x2, typenon-equivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan di
SMPN 3 XIII Koto Kampar. Sampel diambil dengan cara porpusive random
sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data dianalisis
dengan uji t dan analisis varian.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar
menggunakan media powerpoint beranimasi memperoleh hasil belajar yang lebih
tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan gambar sederhana,
(2) siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang belajar dengan
menggunakan media powerpoint beranimasi memperoleh hasil belajar yang lebih
tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar
sederhana, (3) tidak terdapat interaksi antara media powerpoint beranimasi dengan
pengetahuan awal siswa terhadap hasil belajar mereka.
Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa media powerpoint beranimasi
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:50 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6188 |