Alisman, Yosri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Mata Diklat Memperbaiki Motor Listrik di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YOSRI_ALISMAN_13721_523_2014.pdf [thumbnail of B1_3_YOSRI_ALISMAN_13721_523_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YOSRI_ALISMAN_13721_523_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Memperbaiki Motor Listrik menggunakan multimedia interaktif dan dilatar belakangi oleh banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Jumlah siswa 29 orang yang tuntas 48,28% dan yang tidak tuntas 51,72%. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya adalah media pembelajaran. Untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran tersebut, maka dilakukan penelitian yang berbentuk eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif. Media Pembelajaran multimedia interaktif ini merupakan media pembelajaran yang dirancang khusus dengan menggunakan bermacam-macam software yang dipadukan dengan bentukbentuk media visual seperti a u d i o , video, dan persentasi sehingga siswa tidak hanya mendengar, melihat, tapi juga dapat berperan (melakukan sendiri) proses pembelajarannya. Proses pembelajaran menggunakan multimedia interaktif tidak hanya dapat dilakukan di kelas saja tetapi siswa juga bisa belajar di rumah secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TITL SMKN 1 Tanjung Raya yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 29 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (postest) berupa soal objektif sebanyak 20 item. Sebelum soal tes digunakan maka dilakukan ujicoba soal untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal tersebut. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest, rata-rata nilai pretest sebelum menggunakan multimedia interaktif sebesar 64,48 dan rata-rata nilai posttest setelah menggunakan multimedia interaktif adalah 75,07. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TITL SMK Negeri 1 Tanjung Raya pada mata diklat Memperbaiki Motor Listrik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Multimedia Interaktif, Motor Listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6186 |