Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Respirasi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI

Afrita, Marvia (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Respirasi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MARVIA_AFRITA_16031045_406_2020.pdf] Text
B1_3_MARVIA_AFRITA_16031045_406_2020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dalam kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini menekankan pada kemampuan penalaran atas konsep-konsep. Kemampuan ini melibatkan tingkatan kognitif tinggi dari taksonomi Bloom yaitu C 4 -C 6 . Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat dikembangkan salah satunya dengan menembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem respirasi yang valid secara logis dan empiris, praktis, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, kualitas option baik, dan reliabel. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4D model. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan Biologi FMIPA UNP dan 25 orang peserta didik kelas XII SMAN 4 Pariaman. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validitas yang di isi oleh dosen Biologi UNP dan angket praktikalitas diisi oleh guru SMAN 4 Pariaman. Berdasarkan analisis data, didapatkan nilai validasi logis menunjukkan persentase rata-rata 87.91% dengan kriteria valid. Nilai praktikalias didapatkan persentase rata-rata 97.91% dengan kriteria sangat praktis. Hasil validitas empiris dari 50 soal didapatkan 37 soal valid, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, kualitas option baik, dan reliabel. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi yang valid, praktis, serta memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda soal yang baik, kualitas option soal yang baik, dan reliabel.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Sistem Respirasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:50
Last Modified: 21 Apr 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item
View Item