Batubara, Nasrul Amri (2013) Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Bangkinang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NASRUL_AMRI_BATUBARA_1109867_6772_2013.pdf [thumbnail of B1_1_NASRUL_AMRI_BATUBARA_1109867_6772_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NASRUL_AMRI_BATUBARA_1109867_6772_2013.pdf
Download (506kB)
Abstract
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri siswa SMK Negeri 1 Bangkinang
disinyalir adanya masalah antara lain: (1) sulitnya mencari industri yang sesuai
dengan kompetensi keahlian siswa, (2) adanya pelaksanaan praktek di dunia
usaha/dunia industri yang tidak sesuai dengan kompetensi keahlian siswa, (3) masih
rendahnya disiplin sebagian siswa dalam melaksanakan prakerin, (4) kurangnya
kepercayaan dunia usaha/dunia industri memberikan kesempatan kepada siswa untuk
melaksanakan praktek, (5) kurangnya kesiapan mental siswa dalam hal mengikuti
peraturan dan tata tertib yang ada di dunia usaha/dunia industri dan (6) kurangnya
bimbingan yang diberikan guru pembimbing kepada siswa saat melaksanakan
prakerin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan prakerin yang
telah dilaksanakan sebagai pedoman perencanaan program prakerin berikutnya.
Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain
urutan pembuktian (sequential explanatory). Jenis penelitian ini adalah penelitian
evaluasi dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Informan dalam
penelitian ini adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam program prakerin
dengan responden kelas XII kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan,
waka humas, sekretaris prakerin, ketua program keahlian, guru pembimbing dan
instruktur dunia usaha/dunia industri. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
kuesioner berbentuk skala Likert, wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa tingkat ketercapaian pada subvariabel
konteks dari program sebesar 80,08% dengan kategori baik, sedangkan pada masingmasing
indikator: tujuan program sebesar 85,91%, lingkungan tempat program
sebesar 77,45%, kebutuhan program sebesar 76,23%. Pencapaian untuk subvariabel
masukan program sebesar 80,45% dengan kategori baik, sedangkan pada masingmasing
indikator: sarana prasarana sebesar 79,08%, sumber dana sebesar 75,37%,
kurikulum dan relevansi program sebesar 81,25%, tata tertib program sebesar
84,31%, sumber daya manusia sebesar 82,84%. Pencapaian untuk subvariabel proses
dari program sebesar 82,00% dengan kategori baik, sedangkan pada masing-masing
indikator: persiapan program sebesar 84,68%, pelaksanaan program sebesar 81,76%,
monitoring program sebesar 80,19%, penjemputan sebesar 86,27%, kondisi
pelaksanaan program sebesar 78,67%. Pencapaian untuk subvariabel hasil program
sebesar 85,45% dengan kategori baik, sedangkan pada masing-masing indikator:
nilai prakerin sebesar 87,52%, nilai uji kompetensi sebesar 87,94%.
Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Praktek Kerja Industri siswa
Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Bangkinang berada pada kategori
baik. Untuk ke depan masih diperlukan perbaikan terutama dalam hal sarana,
lingkungan dan sumber dana program
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:31 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6176 |