Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan

Hariati, Desi (2015) Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESI_HARIATI_1303973_1050_2015.pdf] Text
B1_1_DESI_HARIATI_1303973_1050_2015.pdf

Download (717kB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah (1) nilai
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MA Negeri Muara Labuh
Kabupaten Solok Selatan masih berkategori cukup; (2) kebiasaan membaca siswa
rendah; dan (3) penguasaan kosakata siswa terbatas. Berdasarkan latar belakang
masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hal berikut. Pertama,
apakah terdapat kontribusi kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis
teks eksposisi siswa kelas X MA Negeri Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.
Kedua, apakah terdapat kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan
menulis teks eksposisi siswa kelas X MA Negeri Muara Labuh Kabupaten Solok
Selatan. Ketiga, apakah terdapat kontribusi kebiasaan membaca dan penguasaan
kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa
kelas X MA Negeri Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.
Penelitian korelasional ini mengambil populasi siswa kelas X MA Negeri
Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 59
orang siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes yang
telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini berupa skor yang
diubah ke dalam bentuk nilai. Selanjutnya, data analisis dengan menggunakan uji
korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan
rumus koefisien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebas
terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama
sama.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kebiasaan Membaca
memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 33,64% terhadap keterampilan
menulis teks eksposisi karena thitung > ttabel atau 6,59 > 1,68. (2) Penguasaan
Kosakata memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 34,81% terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi karena thitung > ttabel atau 6,82 > 1,68. (3)
Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama memberikan
kontribusi yang signifikan sebesar 50,41% terhadap keterampilan menulis teks
eksposisi karena thitung > ttabel atau 2,79 > 1,68. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata, baik secara
sendiri-sendiri maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan
terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MA Negeri Muara
Labuh Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:30
Last Modified: 21 Apr 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item
View Item