Studi Perbandingan Penggunaan Print Out Slide Powerpoint Bergambar Berwarna dengan Buku Penunjang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Painan Tahun Pelajaran 2011/2012

Fahrizal, Rikon (2012) Studi Perbandingan Penggunaan Print Out Slide Powerpoint Bergambar Berwarna dengan Buku Penunjang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Painan Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKON FAHRIJAL_86236_2012.pdf] Text
B1_3_RIKON FAHRIJAL_86236_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa di SMP N 3 Painan disebabkan karena guru belum mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan, dan penyebab lain adalah tidak tersedianya infokus beserta perangkatnya. Peningkatan hasil belajar dapat diwujudkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Misalnya menggunakan media print out slide powerpoint bergambar berwarna dan buku penunjang. Media ini dapat digunakan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan print out slide powerpoint bergambar berwarna dengan buku penunjang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, menggunakan rancangan the static group comparation yang dimodifikasi. Populasi adalah VIII 1 , VIII 2 dan VIII 3 . Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah VIII 1 (21 orang) sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII 2 (20 orang) sebagai kelas eksperimen 2. Data merupakan data primer dari skor hasil tes di kelas sampel. Teknik analisis data untuk uji hipotesis adalah uji-t pada taraf signifikansi 5%, kriteria jika t hitung > t tabel hipotesis di terima dan sebaliknya. Dari Penelitian diperoleh perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I (73,1) dengan kelas eksperimen II (65,13). Berdasarkan Hasil analisis data didapatkan harga t hitung 1,98 dan t tabel 1,68(t hitung > t tabel ). Dengan demikian hipotesis kerja yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar biologi yang pembelajarannya menggunakan print out slide powerpoint bergambar berwarna dengan yang menggunakan buku penunjang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Painan Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan kata lain proses pembelajaran yang menggunakan print out slide powerpoint bergambar berwarna lebih baik daripada yang menggunakan buku penunjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PowerPoint, Jigsaw, Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:30
Last Modified: 21 Apr 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item
View Item