Putra, Riko (2013) Persepsi Guru Terhadap Manfaat Pelaksanaan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah II Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKO_PUTRA_04051_2974_2013.pdf [thumbnail of B1_3_RIKO_PUTRA_04051_2974_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKO_PUTRA_04051_2974_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap manfaat pelaksanaan lesson study dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar Negeri wilayah II. Pembahasan dilakukan pada indikator dari sub variabel kompetensi pedagogik guru yaitu ; (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman guru terhadap peserta didik, (2) Perancangan dan Pelaksanaan pembelajaran, dan (3) Evaluasi hasil belajar. Data penelitian merupakan data primer yang langsung diperoleh dari responden dengan instrumen berupa angket yang disusun berdasarkan skala Likert. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan statistik sederhana persentase. Penelitian ini dilakukan pada guru wilayah II sekolah dasar Negeri di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman yang melaksanakan lesson study. Populasi penelitian ini ialah para guru yang berjumlah 175 orang, sedangkan sampel dalam penelitian diambil dengan Quota sampling, menurut Arikunto 10% dari populasi penelitian, pada penelitian ini, jumlah sampel penelitian 17 orang guru yang melaksanakan lesson study. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru terhadap manfaat pelaksanaan lesson study terhadap kompetensi pedagogik guru yaitu : (1) Guru setuju bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan pemahamannya terhadap peserta didik. (2) Guru menyetujui bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan kemampuannya dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, (3) Guru menyetujui bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengevaluasi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lesson Study, Pedagogik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:30 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6166 |