Nasrul, Nasrul (2014) Kontribusi Sikap Profesi Guru dan Motivasi Mengajar terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NASRUL_19033_4744_2014.pdf [thumbnail of B1_1_NASRUL_19033_4744_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NASRUL_19033_4744_2014.pdf
Download (454kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa kinerja guru SD
Negeri di Kecamatan Guguak masih jauh dari yang diharapkan. Ini terlihat dari
kenyataan yang tampak di lapangan yang menunjukkan kurangnya kesungguhan
guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini dikhawatirkan
akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya
pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa sikap profesi guru
dan motivasi mengajar mempengaruhi kinerja guru SD Negeri Kecamatan
Guguak. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi sikap profesi guru dan
motivasi mengajar terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Guguak.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Sikap profesi guru
berkontribusi terhadap kinerja guru, (2) Motivasi mengajar berkontribusi terhadap
kinerja guru, (3) Sikap profesi guru dan motivasi mengajar secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan
Guguak yang berjumlah 304 orang. Sampel penelitian berjumlah 86 orang yang
diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dengan
mempertimbangkan strata jenjang pendidikan dan masa kerja. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji
validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan
regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Sikap profesi guru
berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 13,4%, (2) Motivasi mengajar
berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 26,8%,(3) Sikap profesi guru dan
motivasi mengajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru
sebesar 37,3%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa kinerja
guru, sikap profesi guru, dan motivasi mengajar masih berada pada kategori
cukup dengan tingkat ketercapaian skor masing-masingnya sebesar 76,89%,
77,73%, dan 78,16% dari skor ideal.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa sikap profesi guru dan motivasi
mengajar adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap kinerja guru, akan
tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap kinerja guru yang
tidak dikaji dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:30 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6164 |