Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Menurut Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Painan

Perdana, Fitri Rahmi (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Menurut Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FITRI_RAHMI_PERDANA_14052072_3520_2018.pdf] Text
B1_03_FITRI_RAHMI_PERDANA_14052072_3520_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak peserta didik yang mengikuti pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn, untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn di SMP Nergeri 1 Painan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi SMP Negeri 1 Painan. Penyajian data dipaparkan dalam bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PPKn, peserta didik yang mengikuti pembelajaran remedial mata pelajaran PPKn dan orang tua. Analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian pertama, pelaksanaan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Painan masih belum efektif dan efesien, karena pelaksanaan pembelajaran remedial belum sesuai dengan panduan pelaksanaan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013. Kedua, faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran remedial adalah waktu pelaksanaan pembelajaran remedial tidak sesuai dengan ketentuan sekolah dan kurangnya pengetahuan dan wawasan guru terhadap pelaksanaan pembelajaran remedial serta orang tua kurang memperhatikan anaknya di rumah maupun di sekolah tentang pembelajaran remedial . Ketiga, Upaya yang dilakukan sekolah dan guru adalah menyediakan sumbver belajar bagi peserta didik, menyediakan saran dan prasaran bagi guru, mengevaluasi pemahaman guru tentan pelaksanaan pembelajaran remedial dan menyediak saran dan prasana yang lebih. mengupayakan pembelajaran remedial menurut kurikulum 2013 berlangsung Berdasarkan temuan ini diharapkan kepada pihak sekolah, guru PPKn SMP Negeri 1 Painan, peserta didik dan orang tua berpartisipasi dalam pelaksanaan pembelajaran remedial.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Remedial, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:30
Last Modified: 21 Apr 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6163

Actions (login required)

View Item
View Item