Meningkatkan Kemampuan Memasang Pembalut Wanita (Softex) bagi AnakTunagrahita Sedang melalui Pendekatan Tutor Sebaya (Single Subject Research Kelas CI / VIII di SLB Wacana Asih Padang

Emilia, Emilia (2012) Meningkatkan Kemampuan Memasang Pembalut Wanita (Softex) bagi AnakTunagrahita Sedang melalui Pendekatan Tutor Sebaya (Single Subject Research Kelas CI / VIII di SLB Wacana Asih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_EMILIA_01131_4226_2012.pdf] Text
B1_2_EMILIA_01131_4226_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SLB Wacana Asih Padang yakni anak tunagrahita sedang X kelas CI / VIII berusia 19 tahun yang mengalami kesulitan dalam memasang pembalut wanita (softex). Hal ini terlihat dari kemampuan awal X yang belum mampu dalam memasang pembalut wanita (softex) dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memasang pembalut wanita (softex) bagi anak tunagrahita sedang melalui pendekatan tutor sebaya. Pendekatan tutor sebaya merupakan suatu pembelajaran teman sebaya atau antar peserta didik, hal ini bisa terjadi ketika peserta didik yang lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya sendiri dan kemudian membantu peserta didik lain yang kurang mampu. Metodologi dalam penelitian ini yaitu single subject research (SSR) dengan desain penelitiannya adalah A-B, yaitu desain penelitian yang membandingkan kemampuan memasang pembalut wanita (softex) pada anak tunagrahita sedang X pada kondisi Baseline dan kondisi tretment. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analisyis Of Grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak lima kali dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali. Hasil penelitian ini ditujukan pada analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan adanya perubahan kemampuan memasang pembalut wanita (softex) pada anak X ke arah yang lebih baik.Yaitu terbukti dari data yang diperoleh saat kondisi baseline pada pertemuan ketiga sampai pertemuan kelima 41,6% sedangkan data yang diperoleh saat intervesi, pada pertemuan ke sebelas sampai pertemuan ke tiga belas telah mencapai 100%. Dari hasil perolehan data ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan tutor sebaya dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan memasang pembalut wanita (softex) bagi anak tunagrahita sedang kelas CI/VIII. Disarankan bagi guru kelas agar dapat menggunakan pendekatan tutor sebaya dalam pelajaran PMDS khususnya pembelajaran memasang pembalut wanita bagi anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMASANG PEMBALUT WANITA(SOFTEX), ANAK TUNAGRAHITA SEDANG, PENDEKATAN TUTOR SEBAYA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:00
Last Modified: 21 Apr 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6154

Actions (login required)

View Item
View Item