Chainur, Elvina (2021) Inovasi Pembelajaran Geografi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ELVINA_CHAINUR_16045092_529_2021.pdf [thumbnail of B1_01_ELVINA_CHAINUR_16045092_529_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ELVINA_CHAINUR_16045092_529_2021.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran Inovasi Pembelajaran
Geografi Di SMA Negeri Kota Pariaman.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pola deskriptif.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Pariaman bulan Agustus 2020. Informan
Penelitian ini adalah semua guru geografi yang mengajar di SMA Negeri Kota
Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang dipakai analisis kualitatif.
Hasil penelitian mengungkap bahwa: (1) penerapan inovasi pembelajaran
geografi oleh guru geografi yaitu guru memberikan materi pembelajaran diselingi
tanya jawab, mengemukakan contoh contoh dikombinasi dengan media gambar, peta
dan globe, dan laptop agar siswa lebih memahami, dan mudah menguasai materi
pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan inovasi
pembelajaran pada SMA Negeri di Kota Pariaman yaitu: keterbatasan dalam
ketersediaan buku teks pembelajaran, dana untuk praktik lapangan geografi belum
mendukung, keterbatasan waktu pembelajaran dan sedikitnya alokasi waktu yang
tersedia. (3) Upaya yang dilakukan guru yaitu menambah materi dari sumber lain
untuk memperkaya bahan materi, mempersiapkan media pembelajaran, peta digital,
globe, foto, gambar ilustrasi, mempersiapkan teknik penilaian yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembalajaran,
melakukan remidial dan memberikan pengayaan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6130 |