Penggunaan Metode Analisis Glass dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Merangkaikan Huruf Menjadi Kata Anak Berkesulitan Belajar Kelas 1 SDN 04 Terandam Padang

Sari, Latifah (2015) Penggunaan Metode Analisis Glass dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Merangkaikan Huruf Menjadi Kata Anak Berkesulitan Belajar Kelas 1 SDN 04 Terandam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_LATIFAH_SARI_54034_1315_2015.pdf] Text
B1_2_LATIFAH_SARI_54034_1315_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan membaca
permulan merangkai huruf menjadi kata dengan metode Analisis Glass pada anak
berkesulitan belajar X di SD Negeri 04 Terandam Padang. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan metode Analisis Glass dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan bagi anak berkesulitan belajar kelas 1 di SD Negeri 04
Terandam Padang. Subjek penelitian adalah satu orang anak berkesulitan belajar
yang duduk di kelas 1.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Design yaitu
metode penelitian yang melihat arah kecenderungan grafik yang membandingkan
antara kondisi baseline dengan kondisi treatment. Prosedur perekaman data
dengan cara pengamatan secara langsung, data direkam melalui prosedur
pencatatan kejadian (Event Recording) yaitu memberi tanda ceklist pada sejumlah
kata yang dibaca benar pada lembaran kerja siswa. Teknik analisis data yang
digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan
beberapa hal berikut. Pertama, penggunaan metode Analisis Glass dapat
meningkatkan kemampuan anak membaca permulaan secara signifikan. Hal ini
terbukti dari hasil analisis dalam dan luar kondisi yaitu arah kecenderungannya
meningkat, serta jejak datanya juga meningkat. Dan perolehan hasil overlap data
mendapatkan hasil 20%. Pada kondisi baseline kemampuan anak membaca
memperoleh 4 kata dengan benar. Setelah diberikan perlakuan dengan metode
Analisis Glass terbukti kemampuan membaca permulaan anak meningkat yaitu 17
kata dibaca dengan benar. Disarankan pada guru untuk menerapkan pembelajaran
dengan metode Analisis Glass untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2025 00:49
Last Modified: 21 Apr 2025 00:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item
View Item