Dewita, Lasri (2014) Efektifitas Metode Latihan Melalui Teknik Menempel untuk Meningkatkan Keterampilan Mendesain Jilbab dari Kain Borkat pada Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas III SMALB C di SLB Negeri 1 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_LASRI_DEWITA_54033_4725_2014.pdf [thumbnail of B1_2_LASRI_DEWITA_54033_4725_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_LASRI_DEWITA_54033_4725_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan
pada seorang anak tunagrahita ringan kelas III SMALB C di SLB Negeri 1
Padang yang belum terampil dalam keterampilan mendesain jilbab dari kain
borkat melalui metode latihan dan keterampilan tersebut juga belum pernah
diajarkan oleh guru disekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A dan teknik analisis datanya
menggunakan analysis visual graphic. Subjek penelitian ini adalah anak
tunagrahita ringan. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur
persentase kemampuan anak dalam skala sikap atau perbuatan keterampilan
mendesain jilbab dari kain borkat
Bersadarkan hasil penelitian, terlihat kemampuan keterampilan mendesain
jilbab dari kain borkat dapat meningkat dengan metode latihan. Pada kondisi
baseline (A1) pertemuan pertama samapai pertemuan lima kemampuan anak naik
turun yaitu pertemuan pertama 0%, pertemuan kedua 10 %, pertemuan ketiga 0%,
pertemuan keempat 0%, pertemuan kelima 0%. Yang mana data yang diperoleh
stabil dari pertemuan ketiga sampai lima presentase yang diperoleh anak adalah
0%. Sedangkan pada kondisi intervensi (B), pertemuan pertama 20%, pertemuan
kedua 40%, pertemuan ketiga 40%, pertemuan keempat 50%, pertemuan kelima
70%, pertemuan keenam 80%, pertemuan ketujuh 90%, pertemuan kedelapan
90%, pertemuan kesembilan 90%, pada pertemuan ketujuh sampai kesembilan
presentase terus naik atau meningkat. Pada baseline (A2) dilakukan sebanyak
lima kali pertemuan, pada pertemuan pertama presentase yang diperoleh anak
adalah 60%, pada pertemuan kedua anak memperoleh presentase yaitu 80%, pada
pertemuan ketiga presentase yang diperoleh anak adalah 90% sampai pada
pertemuan kelima. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan diterima,
artinya metode latihan dapat digunakan untuk efektif untuk meningkatkan
keterampilan mendesain jilbab dari kain borkat pada anak tunagrahita ringan.
Maksudnya disini metode latihan baik digunakan guru dalam pembelajaran
keterampilan karena metode latihan sifatnya berulang-ulang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:48 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6125 |