Hubungan Makanan Cepat Saji Terhadap Timbulnya Jerawat (Acne Vulgaris) Pada Mahasiswi di Kota Padang

Kamilaturahmi, Laila (2013) Hubungan Makanan Cepat Saji Terhadap Timbulnya Jerawat (Acne Vulgaris) Pada Mahasiswi di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_LAILA_KAMILATUL_RAHMI_11655_6308_2013.pdf] Text
B1_2_LAILA_KAMILATUL_RAHMI_11655_6308_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB
N Center Payakumbuh, seorang anak tunarungu kelas I semester II yang
bermasalah dalam pengucapannya terutama dalam pengucapan konsonan [r].
Setelah diadakannya asesment lebih lanjut terhadap pengucapan konsonan [r],
maka didapatkan hasil bahwa anak mengalami masalah dalam pengucapan
konsonan [r]. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan
metode fonetik untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan [r] anak
tunarungu sedang kelas I di SLB N Center Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan
desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik.
Subjeknya adalah anak tunarungu kelas I dilatih mengucapkan konsonan /r/
dengan menggunakan metode fonetik. Pengukuran variabelnya menggunakan
persentase berapa kata yang dapat diucapkan anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Fonetik efektif dalam
meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan [r] bagi anak Tunarungu kelas I
SLB N Center Payakumbuh. Pengamatan dilakukan dengan tiga sesi yaitu
pertama, sesi baseline sebelum diberikan intervensi (A1) yang dilakukan
sebanyak lima kali pengamatan, persentase kemampuan anak pada kondisi ini
terletak pada rentang 0% dan 20%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan
menggunakan metode Fonetik, pengamatan dilakukan sebanyak sepuluh kali,
persentase kemampuan anak terletak pada rentang 20%, 40%, 60% dan 80 %
Ketiga pada sesi baseline (A2) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan,
didapat hasil kemampuan anak dalam pengucapan konsonan [r] anak meningkat
yaitu terletak pada rentang 40% sampai 80%. Berdasarkan analisis dalam kondisi
dan analisis antar kondisi dapat disimpulkan metode Fonetik efektif dalam
meningkatkan kemampuan Pengucapan konsonan [r] pada anak tunarungu sedang
kelas I di SLB N Center Payakumbuh. Disarankan pada guru hendaknya dapat
menggunakan metode Fonetik dalam melatih pengucapan anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 17 Apr 2025 09:37
Last Modified: 17 Apr 2025 09:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item
View Item