Implementasi Pengembangan Desain Perencanaan sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Padang

Kuseiri, Kuseiri (2016) Implementasi Pengembangan Desain Perencanaan sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_KUSEIRI_00425_3846_2016.pdf] Text
B1_2_KUSEIRI_00425_3846_2016.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) sehingga guru harus memahami Rencana Pelakasanaan
Pembelajaran (RPP) KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang lebih menekan pada
Kompetensi Inti.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi
pembuatan RPP pada pengembangan persepsi desain perencanaan pembelajaran
Sejarah Indonesia pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Padang. Penelitian ini
dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif
tentang implementasi pengembangan desain terhadap pembelajaran Sejarah
Indonesia pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 3 Padang.
Hasil penelitian diperoleh dari implementasi dan pengembangan desain
perencanaan pembelajaran sejarah Indonesia pada kurikulum 2013. Dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif.
Identitas sudah melengkapi yang terdapat pada halaman pertama pembuatan RPP
yang sesuai pada Kurikulum 2013. Tujuan Pembelajaran sudah dilengkapi dan
berdasarkan pada RPP Kurikulum 2013. Dan tujuan pembelajaran sudah sesuai
dengan materi yang diajukan pada peserta didik. Materi Pembelajaran sudah
mencapai tujuan pembelajaran, kemudian materi belum sesuai dengan RPP
kurikulum 2013, karena masih banyak kekurangan materi yang berdasarkan pada
tujuan pembelajaran. Model Pembelajaran yang dipakai kedekatan saintific pada
saintific learning yang terdapat pada Kurikulum 2013, sehingga model ini sesuai
dengan Kurikulum 2013. Langkah-langkah pembelajaran yang dibuat oleh Guru
EM dan NW pada setiap materi pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum
2013. Karena langkah pembelajaran di buat berdasarkan pertemuan. Pembuatan
RPP oleh Guru NW dan EM pada media, alat, bahan dan sumber sudah sesuai
dengan materi yang pembelajaran yang berdasarkan pada kurikulum 2013.
Penilaian yang dibuat pada RPP Guru NW dan EM belum sesuai dengan
pembuatan RPP yang berdasarkan pada kurikulum 2013. Karena pada penilaian
tersebut didalam RPP tidak menggunakan rubrik penilaian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI, RPP, DAN KURIKULUM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 17 Apr 2025 09:36
Last Modified: 17 Apr 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item
View Item