Marcelina, Maretha (2015) Kompetensi Sosial Guru PKn di SMP Negeri 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MARRETHA_MARCELINA_16182_128_2015.pdf [thumbnail of B1_3_MARRETHA_MARCELINA_16182_128_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MARRETHA_MARCELINA_16182_128_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi sosial guru PKn di SMP Negeri 18 Padang terkait empat indikator. Pertama, bersikap inklusif dan obyektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran. Kedua, tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan. Ketiga, berkomunikasi secara santun, empatik dan efisien dengan teman sejawat. Keempat, berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penetapan informan penelitian dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Informan kunci penelitian adalah Guru PKn SMPN 18 Padang, informan lainya yaitu wakil kepala sekolah, majelis guru, dan peserta didik di SMPN 18 Padang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari seluruh indikator kompetensi sosial yang menjadi fokus penelitian didapatkan hasil: Kompetensi guru PKn yang berhubungan dengan teman sejawat dan lingkungan sekitar dapat dikategorikan sangat baik karena adanya kesadaran dari guru untuk berkomunikasi membina dan menjaga hubungan baik sesama warga sekolah. Kompetensi sosial guru PKn yang berhubungan dengan peserta didik dapat dikategorikan baik karena guru menyadari pentingnya berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa namun dalam hal membangun komunikasi dialogis dan berprilaku adil guru belum mampu melakukannya dengan maksimal dan kompetensi sosial guru PKn yang berhubungan dengan orang tua/wali peserta didik dapat dikategorikan kurang baik karena hubungan guru PKn dengan orang tua/wali siswa sangat minim sekali dilakukan. Dari keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru PKn di SMPN 18 Padang rata-rata berada dikategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, PKn, Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 09:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6109 |